PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Meliala, Winni Kharisa (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4163311069 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4163311069 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4163311069 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4163311069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4163311069 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4163311069 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4163311069 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4163311069 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4163311069 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4163311069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4163311069 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4163311069 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4163311069 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4163311069 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4163311069 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4163311069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada kelas VIII-3 SMP Negeri 13 Binjai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 13 Binjai dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII-3 SMP Negeri 13 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 1 dari 30 siswa atau 3,33% dengan rata-rata kelas 40.83. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 20 dari 30 siswa atau 66,6% dengan rata-rata kelas 76,34. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 26 dari 30 siswa atau 86,7% dengan rata-rata kelas 85,19 Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dikelas VIII-3 SMP Negeri 13 Binjai dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 091
Keywords: Pemecahan masalah matematika; Pembelajaran kooperatif; Think pair share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:11
Last Modified: 13 Dec 2022 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49556

Actions (login required)

View Item
View Item