Sitepu, Anisya (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs AMALIYAH SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173111005 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 4173111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM. 4173111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 4173111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
5. NIM. 4173111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
9. NIM. 4173111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM. 4173111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 4173111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII Mts Amaliyah Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII Mts Amaliyah Sunggal yang terdiri dari 6 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas VIII sebanyak 187 siswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah melalui Simple Random Sampling dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama menjadi sampel penelitian. Sampel dalam penelitian iniadalah kelas VIII-A yang berjumlah 31 siswa. Sebagai instrumen penelitian digunakan data pretest dan postest dalam bentuk tes isian pada maeri relasi dan fungsi, dimana masing-masing soal berjumlah 3 soal dan telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika. Peneliti menggunakan uji regresi linier sederhana. Pada uji normalitas diperoleh signifikansi 0,074 > 0,05 berarti data berdistribusi normal. Pada uji regresi dilakukan uji keberartian ddan uji linearitas. Hasil uji keberartian, didapatkan Fhitung (12,47) >Ftabel (4,18) maka disimpulan koefisien regresi berarti. Hasil uji linearitas didapatkan signifikansi Fhitung (1,81) < Ftabel (2,75)maka terdapat hubungan yang linear. Untuk uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS, didapatkan signifikansi yaitu 0,001 < 0,05 dan pada pengujian dengan perhitungan maual didapatkan nilai rhitung (0,548) > rtabel (0,344) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di Mts Amaliyah Sunggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 105 |
Keywords: | Numbered head together; Komunikasi matematis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 09:42 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49532 |