Siagian, Andri Samuel (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182111002 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. NIM 4182111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM 4182111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM 4182111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM 4182111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
9. NIM 4182111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
14. NIM 4182111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
13. NIM 4182111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 melalui pendekatan Realistics Mathematic Education yang bersifat valid, praktis, efektif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 14 Medan dengan jumlah 32 orang.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil dari validasi ahli materi dengan persentase 94% berada pada kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh dengan persentase 96% berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran dilihat melalui hasil angket respon siswa dan guru mata pelajaran matematika dengan persentase 90% dan 95% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dilihat melalui dilihat melalui ketuntasan belajar klasikal dan hasil angket respon siswa dengan persentase 87,5 % dan 90% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat efektif. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa, hasil yang diperoleh tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik berada pada persentase 78% berada pada kategori tinggi, sedangkan berdasarkan uji N-Gain nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 0.483 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dengan kategori sedang. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 092 |
Keywords: | Pembelajaran interaktif; Realistics mathematic education; Articulate storyline 3; Pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 09:25 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49531 |