Fitrie, Rosa (2022) IMPLEMENTASI METODE LOGIKA FUZZY GAME THEORY DALAM PERSAINGAN PRODUK SKINCARE BRAND LOKAL (MS.GLOW DENGAN SCARLETT WHITENING). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183530001 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4183530001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM 4183530001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM 4183530001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM 4183530001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM 4183530001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7. NIM 4183530001 TABLE.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
8. NIM 4183530001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
12. NIM 4183530001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
13. NIM 4183530001 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Saat ini, persaingan antar merek setiap produk skincare semakin ketat sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi sebuah perusahaan skincare untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Pemilik perusahaan untuk ke depannya diharapkan harus mampu memperkirakan strategi pemasaran apa saja yang terdapat pada kompetitornya serta mampu menganalisis atribut-atribut apa saja yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Salah satu cara untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat dengan menerapkan metode logika fuzzy game theory. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan atribut-atribut apa saja yang diutamakan konsumen agar mendapatkan strategi pemasaran yang optimal dari dua perusahaan produk skincare lokal yang diteliti menggunakan fuzzy game theory dengan mengandalkan atribut-atribut yang diutamakan konsumen tentunya. Untuk mempermudah perhitungan digunakan program aplikasi Python. Berdasarkan proses perhitungan fuzzifikasi dan defuzzifikasi atribut tingkat kepentingan, diperoleh hasil kualitas produk dengan nilai 4,153, harga produk dengan nilai 4,136, kemudahan dalam mencari produk dengan nilai 3,936, testimoni pelanggan dengan nilai 3,933, pengiklanan dengan nilai 3,896 dan kemasan produk dengan nilai 3,740. Adapun proses perhitungan fuzzifikasi dan defuzzifikasi berdasarkan tingkat kepuasan skincare brand lokal Ms. Glow tertinggi adalah atribut kualitas produk dengan nilai sebesar 4,022 dan terendah adalah atribut testimoni pelanggan dengan nilai sebesar 3,400. Untuk tingkat kepuasan produk skincare brand lokal Scarlett Whitening tertinggi adalah atribut kemudahan dalam mencari produk dengan nilai sebesar 4,024 dan terendah atribut testimoni pelanggan dengan nilai sebesar 3,690. Dikatakan strategi ini mencapai hasil yang optimal apabila menghasilkan titik kesetimbangan (saddle point) yang dimana nilai maksimin dan minimaksnya memiliki nilai yang sama. Sehingga, masing-masing pemain memilih strategi pemasaran optimalnya adalah strategi pada kualitas produk dengan nilai permainannya sebesar -0,243. Scarlett Whitening menggunakan atribut kualitas produk sebagai strategi pemasaran untuk memaksimumkan keuntungan. Sedangkan untuk meminimumkan kerugiaannya, produk skincare Ms. Glow menggunakan atribut kualitas produk juga. Secara keseluruhan permainan ini dikatakan dalam keadaan stabil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-245 / 511.313 Fit i |
Keywords: | Strategi Pemasaran; Logika Fuzzy; Teori Permainan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 08:09 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49522 |