IMPLEMENTASI METODE LOGIKA FUZZY GAME THEORY DALAM PERSAINGAN PRODUK SKINCARE BRAND LOKAL (MS.GLOW DENGAN SCARLETT WHITENING)

Fitrie, Rosa (2022) IMPLEMENTASI METODE LOGIKA FUZZY GAME THEORY DALAM PERSAINGAN PRODUK SKINCARE BRAND LOKAL (MS.GLOW DENGAN SCARLETT WHITENING). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183530001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183530001 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183530001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183530001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183530001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183530001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183530001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183530001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183530001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183530001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183530001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183530001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183530001 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183530001 TABLE.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183530001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183530001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4183530001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4183530001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183530001 REFRENCES.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183530001 REFRENCES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Saat ini, persaingan antar merek setiap produk skincare semakin ketat sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi sebuah perusahaan skincare untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Pemilik perusahaan untuk ke depannya diharapkan harus mampu memperkirakan strategi pemasaran apa saja yang terdapat pada kompetitornya serta mampu menganalisis atribut-atribut apa saja yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Salah satu cara untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat dengan menerapkan metode logika fuzzy game theory. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan atribut-atribut apa saja yang diutamakan konsumen agar mendapatkan strategi pemasaran yang optimal dari dua perusahaan produk skincare lokal yang diteliti menggunakan fuzzy game theory dengan mengandalkan atribut-atribut yang diutamakan konsumen tentunya. Untuk mempermudah perhitungan digunakan program aplikasi Python. Berdasarkan proses perhitungan fuzzifikasi dan defuzzifikasi atribut tingkat kepentingan, diperoleh hasil kualitas produk dengan nilai 4,153, harga produk dengan nilai 4,136, kemudahan dalam mencari produk dengan nilai 3,936, testimoni pelanggan dengan nilai 3,933, pengiklanan dengan nilai 3,896 dan kemasan produk dengan nilai 3,740. Adapun proses perhitungan fuzzifikasi dan defuzzifikasi berdasarkan tingkat kepuasan skincare brand lokal Ms. Glow tertinggi adalah atribut kualitas produk dengan nilai sebesar 4,022 dan terendah adalah atribut testimoni pelanggan dengan nilai sebesar 3,400. Untuk tingkat kepuasan produk skincare brand lokal Scarlett Whitening tertinggi adalah atribut kemudahan dalam mencari produk dengan nilai sebesar 4,024 dan terendah atribut testimoni pelanggan dengan nilai sebesar 3,690. Dikatakan strategi ini mencapai hasil yang optimal apabila menghasilkan titik kesetimbangan (saddle point) yang dimana nilai maksimin dan minimaksnya memiliki nilai yang sama. Sehingga, masing-masing pemain memilih strategi pemasaran optimalnya adalah strategi pada kualitas produk dengan nilai permainannya sebesar -0,243. Scarlett Whitening menggunakan atribut kualitas produk sebagai strategi pemasaran untuk memaksimumkan keuntungan. Sedangkan untuk meminimumkan kerugiaannya, produk skincare Ms. Glow menggunakan atribut kualitas produk juga. Secara keseluruhan permainan ini dikatakan dalam keadaan stabil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-245 / 511.313 Fit i
Keywords: Strategi Pemasaran; Logika Fuzzy; Teori Permainan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:09
Last Modified: 07 Dec 2022 08:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49522

Actions (login required)

View Item
View Item