Br Ginting, Zessy Flavia (2022) EFEKTIVITAS BERBAGAI MEDIA ONLINE SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173141073 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 4173141073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM 4173141073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 4173141073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM 4173141073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM 4173141073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4173141073 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 4173141073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 4173141073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM 4173141073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM 4173141073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Covid-19 pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Virus ini telah tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia sejak awal bulan Maret 2020. Menteri pendidikan mengeluarkan surat edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19). Oleh karena itu, pemerintah merubah sistem pendidikan Indonesia menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring dalam upaya menghambat penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan berbagai media online selama pembelajaran daring pada mahasiswa penddikan biologi stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 orang mahasiswa dari lima kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket efektivitas penggunaan berbagai media online dan lembar wawancara efektivitas penggunaan media online selama pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Whatsaap Group berada pada kategori sangat efektif (85,33%) berdasarkan kefektifan media pembelajaran terhadap aktivitas belajar mahasiswa dan kategori sangat efektif (88,37%) berdasarkan sarana yang menunjang pembelajaran selama pembelajaran daring. Whatsaap Group memiliki berbagai fitur dalam mendukung proses pembelajaran daring dan lebih hemat kuota. Sedangakan kekurangan aplikasi Whatsaap Group adalah tidak dapat diguanakan sebagai media pembelajaran virtual oleh dosen dengan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Google Meet menjadi aplikasi virtual dalam kategori sangat efektif (81,22%) berdasarkan keefektifan media online terhadap aktivitas belajar mahasiswa dan efektif (69,02%) berdasarkan keefektifan media online terhadap sarana yang menunjang pembelajaran selama pembelajaran daring. Maka dapat disimpulkan media online Whatsaap Group dan media video confrence Google Meet dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran daring selama pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-181 / 371.35 Gin e |
Keywords: | Pembelajaran Daring; Media Pembelajaran Daring; Whatsaap Grup; Google Meet; Pandemi COVID-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 07:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49447 |