Gea, Trivena Putri (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHE- MATICS) PADA MATERI VERTEBRATA (AVES) DI KELAS X IPA SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341075 COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
2. NIM 4173341075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
3. NIM 4173341075 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 4417331075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
5. NIM 4417331075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
6. NIM 4417331075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM 4417331075 TABLES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM 4417331075 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM 4417331075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM 4417331075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM 4417331075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis STEM pada materi vertebrata (aves) berdasarkan ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, tanggapan guru bidang biologi, tanggapan siswa dan keefektifan LKPD bagi siswa kelas X di SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, tanggapan guru biologi, tanggapan siswa terhadap LKPD berbasis STEM dan instrument test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian in i adalah angket penilaian ahli materi dinyatakan dengan persentase skor 85,71%, angket penilaian ahli pembelajaran dinyatakan dengan persentase skor 96,42%, angket penilaian ahli desain dinyatakan dengan persentase skor 96,15%, angket penilaian guru biologi dinyatakan dengan persentase 96,64% dan angket penilian siswa dinyatakan dengan persentase skor 94,44%. Jika dicocokan dengan tabel kriteria kelayakan maka skor pencapaian ini termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil analisis efektivitas LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) termasuk dalam kategori sedang dengan N-gain Score 0,63
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-172 / 371.33 Gea p |
Keywords: | Pengembangan; LKPD; STEM; Vertebrata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:57 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49443 |