Siregar, Zahara Afifah (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN DI MEDAN ZOO SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAS KARTIKA 1-2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181141024 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4181141024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
3. NIM 4181141024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM 4181141024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
5. NIM 4181141024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 4181141024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM 4181141024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
8. NIM 4181141024 BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
12. NIM 4181141024 BAB V.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
13. NIM 4181141024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
Abstract
Siswa di SMAS Kartika 1-2 Medan membutuhkan sumber belajar yang menarik, terkhusus pada materi keanekaragaman hayati dikarenakan pada materi ini membutuhkan contoh objek yang nyata. Sumber belajar yang digunakan guru antara lain ppt dan internet, hal ini semakin menurunkan minat baca siswa terhadap buku. Maka, sumber belajar berbasis potensi lokal memanfaatkan tempat wisata dan edukasi yaitu Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) menjadi solusi yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sumber belajar berupa booklet pada materi keanekaragaman di Medan Zoo pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian pengembangan atau Research and Developmetnt (R & D) ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Adapun agar booklet ini memperoleh kelayakan dan keefektivan, maka digunakan uji validitas berdasarkan ahli materi dan ahli sumber belajar dan uji efektivitas. Uji coba terbatas dilakukan di SMAS Kartika 1-2 Medan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah produk booklet sebagai sumber belajar ini layak digunakan berdasarkan penelitian ahli materi dan ahli sumber belajar dan juga tanggapan guru dan siswa dengan presentase kelayakan 91,4 %, 91,6%, 85,22%, 84,97%. Dan hasil penelitian dari uji coba terbatas oleh siswa kelas X MIA 2 SMAS Kartika 1-2 Medan terkategori efektif, dengan skor N-Gain mencapai 0,61. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk booklet sebagai sumber belajar layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-152 / 371.33 Sir p |
Keywords: | booklet; sumber belajar; keanekaragaman hayati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:50 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49441 |