Nababan, Ismi Titi Ivani (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 6 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181141012 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 4181141012 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM 4181141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4. NIM 4181141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. NIM 4181141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6. NIM 4181141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
7. NIM 4181141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM 4181141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM 4181141012 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM 4181141012 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM 4181141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini Untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 6 Pematangsiantar materi Invertebrata, profil pencapaian literasi sains siswa, kemampuan siswa dalam kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, merancang dan mengevaluasi penyelidikan secara ilmiah,menafsirkan data bukti secara ilmiah di literasi sains menurut PISA 2018 materi invertebrata. Penelitian dilaksanakan di SMA NEGERI 6 Pematangsiantar. Waktunya selama 2 bulan pada bulan Maret-Mei. Sampel sebanyak 142 orang siswa.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive sampling. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen Penelitian mengunakan instrumen tes 3 aspek kompetensi literasi sains menurut PISA 2018 yakni, menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang secara ilmiah, menafsirkan data dan bukti secara ilmiah.Persentase kemampuan literasi sains siswa aspek kompetensi kategori kurang sebesar 59,04%. Persentase kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah tergolong dalam kategori cukup sebesar 60,56%. Persentase kompetensi merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah tergolong dalam kategori kurang sebesar 57,39%. Persentase kompetensi menafsirkan data dan bukti ilmiah tergolong dalam kategori kurang sebesar 50,70%. Profil kemampuan literasi sains persentase sebesar 43% dengan kategori literasi telah membudaya kemudian 48,60% kategori literasi telah berkembang dan 8,45% kategori literasi perlu dikembangkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-142 / 379.24 Nab a |
Keywords: | Invertebrata; literasi sains; profil pencapaian literasi sains |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:09 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49424 |