Munthe, Elisabeth (2016) HUBUNGAN PENALARAN MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MUSIK PADA ANAK USIA 8-12 TAHUN DI SD FREE METHODIST 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 BAB I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
12. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
13. ELISABETH MUNTHE NIM 2113340016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar musik dan penalaran matematika pada anak usia 8-12 tahun di SD Free Methodist 1 Medan serta mengetahui adanya hubungan antara penalaran matematika dengan kemampuan belajar musik pada anak usia 8-12 tahun di SD Free Methodist 1 Medan.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan tentang kemampuan belajar musik, penalaran matematika dan anak usia 8-12 tahun.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 8-12 tahun di SD Free Methodist 1 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pengetahuan matematika dan tes kemampuan belajar musik. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Free Methodist 1 Medan dan penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2015 sampai dengan Februari 2016.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara penalaran matematika dengan kemampuan belajar musik siswa-siswi SD Free Methodist 1 dengan koefisien korelasi = 0.158 dengan persamaan regresi Ỷ = 1.299 + 0.857 X dimana R = 0.369. Yang artinya semakin tinggi kemampuan belajar musik yang dimiliki siswa, maka akan semakin tinggi pula penalaran matematika, sebaliknya semakin rendah kemampuan belajar musik yang dimiliki siswa, maka akan semakin rendah penalaran matematika siswa-siswi. Hubungan ini juga menjelaskan dengan adanya sumbangan efektif variabel kemampuan belajar musik sebesar 32.6 % yang selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini dan menurut hasil penelitian para siswa di sekolah ini memiliki penalaran matematika yang tergolong tinggi (nilai rata-rata empirik = 26.833 dan nilai rata-rata hipotetik = 15) sehingga hal ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan telah teruji secara empirik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 023 |
Keywords: | Penalaran Matematika; Kemampuan Belajar Musik;, Anak Usia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 18:47 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 18:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4942 |