Silitonga, Albert Bitara Hasudungan (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL STEcS UNTUK SISWA SMA KELAS X DI SMA NEGERI 13 MEDAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181141030 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 4181141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (759kB) | Preview
3. NIM 4181141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. NIM 4181141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 4181141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM 4181141030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM 4181141030 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM 4181141030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9. NIM 4181141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
13. NIM 4181141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM 4181141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul interaktif berbasis STEcS dengan bantuan aplikasi Flip PDF Professional yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Sehingga berguna untuk siswa dalam meningkatkan pemahaman pada materi perubahan lingkungan khusunya pada submateri pencemaran lingkungan dan upaya pelestariannya. Instrumen penelitian yang dipakai yakni instrumen pembelajaran, lembar penilaian kelayakan isi dan kelayakan penyajian e-modul, pretest dan posttest, serta angket penilaian guru dan siswa. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan e-modul dalam kategori valid, kemudian dilakukan uji coba lapangan terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul dalam kriteria valid ditinjau dari aspek kelayakan isi dan kelayakan penyajian e-modul yaitu (95,83% dan 96,78%) dengan kategori sangat layak; (2) E-modul telah memenuhi nilai kepraktisan dari hasil penilaian guru dan siswa yaitu (87,53% dan 88,45%) pada kategori sangat praktis; (3) E-modul memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai 100% siswa yang memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan analisis nilai hasil belajar siswa pretest dan posttest didapat N-Gain sebesar 0,69 (termasuk dalam kategori sedang) sehingga dapat dikatakan memberikan efektivitas hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-186 / 371.33 Sil p |
Keywords: | E-modul interaktif; Flip PDF Professional; STEcS; perubahan lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 02:12 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49418 |