Tambunan, Fitriana Akhwita (2022) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183341014 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. 4183341014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 4183341014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. 4183341014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. 4183341014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. 4183341014 TABLES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. 4183341014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. 4183341014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
12. 4183151024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. 4183151024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran buku saku yang dikembangkan pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan berdasarkan dosen ahli materi biologi 1 orang,dosen ahli media 1 orang, tanggapan guru bidang studi biologi 1 orang, dan respon peserta didik XI MIA 1 sebanyak 34 orang, peserta didik XI MIA 2 sebanyak 9 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media, tanggapan guru bidang studi, respon peserta didik terhadap buku saku bergambar. Hasil penelitian ini adalah angket penilaian ahli materi, dinyatakan dengan presentase skor 81,04 %, angket penilaian ahli media dinyatakan dengan dengan presentase skor 87,29 %, angket tanggapan guru bidang studi dinyatakan dengan presentase skor 96,66 %, angket tanggapan peserta didik pada uji perorangan dengan sampel 3 orang sebesar 89,44 %, tanggapan peserta didik uji kelompok kecil dengan sampel 6 orang sebesar 92,22 %, dan tanggapan peserta didik pada uji coba kelompok terbatas dengan sampel 34 orang sebesar 94,16 %. Jika dicocokkan dengan tabel kriteria kelayakan, maka skor pencapaian ini termasuk dalam kriteria sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan dalam meningkatkan pembelajaranBuku saku bergambar akan lebih sempurna jika dilakukan uji efektifitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-158 / 371.33 Tam p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Buku Saku Bergambar; Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 10:06 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 10:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49410 |