Nasution, Nora Yusnita (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI NO. 064983 MEDAN TAHUN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126121031 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2. NIM. 8126121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3. NIM. 8126121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 8126121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 8126121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. 8126121031 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 8126121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 8126121031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 8126121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
10. NIM. 8126121031 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8126121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 8126121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis Quantum Learning dan model pembelajaran berbasis Ekspositori, (2) perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki motivasi belajar tinggidan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran berbasis Quantum Learning dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 orang yang berasa dari kelas IV SD Negeri No.064983 Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. Sedangkan sampel berjumlah 60 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes motivasi belajar untuk membedakan jenis motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes dan reliabiitas tes. Hasil yang diperoleh dari 36 soal yang diujikan, sebanyak 36 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliforss dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji Barltlett.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis Quantum Learning lebih baik dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 32,15> Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi memperoleh hasil belajar IPS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 11,67 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran berbasis Quantum Learning dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 4,77> Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian ini diharapkan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran berbasis Quantum Learning yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan model pembelajaran bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar dan motivasi belajar siswa sebab kedua-duanya mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Nas p |
Keywords: | Hakikat belajar; IPS; Model pembelajaran; Motivasi belajar; Quantum learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 18:47 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 18:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4941 |