PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI NO. 064983 MEDAN TAHUN 2014/2015

Nasution, Nora Yusnita (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI NO. 064983 MEDAN TAHUN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126121031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126121031 COVER.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126121031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126121031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126121031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126121031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126121031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126121031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126121031 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126121031 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126121031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126121031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126121031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126121031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126121031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8126121031 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 8126121031 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126121031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126121031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126121031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis Quantum Learning dan model pembelajaran berbasis Ekspositori, (2) perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki motivasi belajar tinggidan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran berbasis Quantum Learning dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 orang yang berasa dari kelas IV SD Negeri No.064983 Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. Sedangkan sampel berjumlah 60 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes motivasi belajar untuk membedakan jenis motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes dan reliabiitas tes. Hasil yang diperoleh dari 36 soal yang diujikan, sebanyak 36 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliforss dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji Barltlett.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis Quantum Learning lebih baik dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 32,15> Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi memperoleh hasil belajar IPS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 11,67 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran berbasis Quantum Learning dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 4,77> Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian ini diharapkan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran berbasis Quantum Learning yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan model pembelajaran bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar dan motivasi belajar siswa sebab kedua-duanya mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Nas p
Keywords: Hakikat belajar; IPS; Model pembelajaran; Motivasi belajar; Quantum learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 18:47
Last Modified: 26 Apr 2016 18:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4941

Actions (login required)

View Item
View Item