PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS

Safitri, Wulan (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4183141031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4183141031 COVER.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 2. 4183141031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4183141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 3. 4183141031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4183141031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 4. 4183141031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4183141031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 5. 4183141031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4183141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 6. 4183141031 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 4183141031 TABLES.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 7. 4183141031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 4183141031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 8. 4183141031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 4183141031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 9. 4183141031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4183141031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 13. 4183141031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4183141031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 14. 4183141031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4183141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis website dengan materi keanekaragaman hayati untuk membantu siswa mempelajari materi menjadi lebih menarik. Menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analysis (analisa), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Pada proses implementasi media pembelajaran berbasis website tersebut menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Tingkat kelayakan diperoleh dari proses validasi oleh ahli media dan ahli materi yang mendapatkan nilai dengan kategori “Sangat Layak” dengan masing-masing persentase 89% dan 93%. Tanggapan dari guru dan siswa terhadap website ini dapat dikategorikan “Sangat Baik” dengan masing-masing persentase 92% dan 91%. Efektivitas website terhadap hasil belajar kognitif siswa diuji cobakan pada 33 siswa kelas X IPA 4. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pada pretest dan posttest siswa, dengan masing masing nilai 41 dan 81. Nilai yang diperoleh dengan score N-Gain 69% dikategorikan “Sedang”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BIO-149 / 371.33 Saf p
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Website; Wordpress; Flipped Classroom; Keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:26
Last Modified: 05 Dec 2022 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49401

Actions (login required)

View Item
View Item