Safitri, Wulan (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183141031 COVER.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
2. 4183141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
3. 4183141031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
4. 4183141031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
5. 4183141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
6. 4183141031 TABLES.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
7. 4183141031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
8. 4183141031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
9. 4183141031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
13. 4183141031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
14. 4183141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis website dengan materi keanekaragaman hayati untuk membantu siswa mempelajari materi menjadi lebih menarik. Menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analysis (analisa), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Pada proses implementasi media pembelajaran berbasis website tersebut menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Tingkat kelayakan diperoleh dari proses validasi oleh ahli media dan ahli materi yang mendapatkan nilai dengan kategori “Sangat Layak” dengan masing-masing persentase 89% dan 93%. Tanggapan dari guru dan siswa terhadap website ini dapat dikategorikan “Sangat Baik” dengan masing-masing persentase 92% dan 91%. Efektivitas website terhadap hasil belajar kognitif siswa diuji cobakan pada 33 siswa kelas X IPA 4. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pada pretest dan posttest siswa, dengan masing masing nilai 41 dan 81. Nilai yang diperoleh dengan score N-Gain 69% dikategorikan “Sedang”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-149 / 371.33 Saf p |
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Website; Wordpress; Flipped Classroom; Keanekaragaman Hayati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 08:26 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49401 |