Syuaib, M. (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING KELAS IX-1 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SWASTA PAHLAWAN NASIONAL MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. JUDUL.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN +PERSETUJUAN+PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
3. ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Hal yang menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran elektronika adalah disebabkan model pembelajaran elektronika yang seringkali diterapkan oleh guru adalah model pembelajaran Konvensional. Permasalahan lain yang dihadapi siswa di SMP adalah hasil belajar Elektronika yang belum tuntas yakni belum mencapai angka standart kriteria ketuntasan minimum (KKM) Mata Pelajaran Elektronika di SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan yaitu 75% yang telah ditentukan dengan nilai 7,0
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMP Swasta Pahlawan Nasional Jl. Durung No. 205 Medan, Waktu penelitian akan dilaksanakan pada Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 pada kelas IX-1 dengan jumlah siswa-siswi 45 orang yang mengikuti pelajaran elekronika. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perncanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.
Sumber data dari siswa kelas IX-1 dan guru yang diperoleh dari evaluasi hasil belajar pada setiap siklus, juga hasil observasi tentang aktivitas siswa. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator keberhasilan dimana sekurang-kurangnya nilai rata-rata hasil belajar siswa 7,0 dengan persentase 75% serta siswa kategori “aktif” dalam melakukan aktivitas belajar di dalam kelas dengan baik dalam pembelajaran elektronika, lalu sesuai dengan standart Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Mata Pelajaran Elektronika di SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan yaitu 75% mendapat nilai 7,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa dengan jumlah siswa yang tuntas 31 siswa dan persentase ketuntasan belajar 69%, sedangkan rata-rata aktivitas siswa sekitar 38% (sangat kurang) di pertemuan pertama dan dipertemuan kedua 45% (kurang aktif) pada siklus I. Hasil tersebut belum memuaskan dan belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh arena itu perlu dilakuan siklus II, dan ternyata hasil evaluasi pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa dengan jumlah siswa yang tuntas 36 siswa dan persentase ketuntasan belajar 80%, sedangkan rata-rata aktivitas siswa sekitar 55% (kurang aktif) di pertemuan pertama dan di pertemuan kedua 70% (aktif) pada siklus II. Dan terdapat peningkatan yang signifikan, dimana t hitung lebih besar dari harga t tabel (18,752 > 2,021).
Kesimpulan yang dapat diambil adalah melalui penerapan pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran elektronika dan siswa aktif dalam melakukan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru kelas IX-2 SMP Pahlawan Nasional hendaknya mencoba untuk menerapkan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Syu u |
Keywords: | Hasil belajar; Elektronika; Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Mind mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 18:40 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 18:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4938 |