“Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sejarah di MAN 3 Medan”

Lubis, Muhammad Shofwan (2021) “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sejarah di MAN 3 Medan”. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3153121029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3153121029 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3153121029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3153121029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3153121029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3153121029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3153121029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3153121029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3153121029 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3153121029 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3153121029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3153121029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 3153121029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 3153121029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 3153121029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 3153121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap implementasi pendekatan saintifik yang dilaksanakan oleh guru sejarah di MAN 3 Medan. Penelitian menggunakan Metode Kualitatif, yakni menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang difokuskan kepada guru sejarah. Responden sumber data yaitu guru sejarah, waka kurikulum, dan siswa yang diambil dari satu kelas yang berbeda yaitu kelas X MIPA 3. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran sejarah yaitu, mengkaji silabus, merumuskan indicator pencapaian kompetensi dasar, menentukan materi pembelajaran yang berasal dari buku teks, buku panduan guru dan sumber lain, menjabarkan kegiatan pembelajaran yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik yang sesuai dengan kondisi peserta didik dan satuan pendidikan, 2) Pelaksanaan pendekatan saintifik, berupa mengumpulkan, menalar, dan mengkomunikasikan kesulitan dalam hal mengamati gambar yang kurang jelas, 3) Evaluasi penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah dalam hal perencanaan diperlukan adanya pelatihan mendalam bagi guru terkait penyusunan RPP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-SJRH-066
Keywords: Pendekatan Saintifik; Perencanaan Pembelajaran; Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:50
Last Modified: 20 Dec 2022 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49349

Actions (login required)

View Item
View Item