Siahaan, Asrifah (2022) ANALISIS KESULITAN PEMECAHAN MASALAH SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII MTs DARUL ILMI BATANGKUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183311033 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. NIM. 4183311033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 4183311033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
4. NIM. 4183311033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM. 4183311033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM. 4183311033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 4183311033 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 4183311033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 4183311033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
13. NIM. 4183311033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14. NIM. 4183311033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pemecahan masalah soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada siswa kelas VIII-6 MTs Darul Ilmi Batangkuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 MTs Darul Ilmi Batangkuis sebanyak 3 orang yang mewakili kategori berkemampuan rendah. Teknik penentuan subjek berdasarkan skor hasil tes serta kesediaan siswa. Analisis tes kesulitan pemecahan masalah ini mengacu pada empat tahap pemecahan masalah Polya yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali. Instrument penelitian ini adalah tes kesulitan soal Higher Order Thingking Skills dan pedoman wawancara. Hasil tes menunjukkan bahwa dari sebanyak 30 orang siswa diperoleh sebanyak 2 orang siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori “tinggi”, 3 orang siswa kategori “sedang”, dan 25 orang siswa kategori “rendah”. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) subjek 11 mengalami kesulitan pemecahan masalah pada semua indikator pada soal (C4), mengalami kesulitan pemecahan masalah pada indikator pertama, ketiga dan keempat pada soal (C5), mengalami kesulitan pemecahan masalah pada indikator kedua, ketiga, dan kempat pada soal (C6). (2) subjek 26 mengalami kesulitan pemecahan masalah pada indikator kedua, ketiga, dan keempat pada soal (C4), (C5), (C6). (3) subjek 27 mengalami kesulitan pemecahan masalah pada semua indikator pada soal (C5) dan (C6)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-197 / 371.33 Sia a |
Keywords: | Kesulitan Pemecahan Masalah; HOTS; Langkah-Langkah Polya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 01:06 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 01:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49333 |