PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI NO.104218 SIDOMULYO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ginting, Damenta Br. (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI NO.104218 SIDOMULYO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8126121012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8126121012 COVER.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8126121012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8126121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8126121012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8126121012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8126121012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8126121012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8126121012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8126121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8126121012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8126121012 TABLES.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8126121012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8126121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8126121012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8126121012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8126121012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8126121012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8126121012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8126121012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8126121012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8126121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media powerpoint dan media video. (2) perbedaan hasil belajar IPA siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. (3) interaksi antara penggunaan media pembelajaran berbasis computer dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 orang yang berasal dari kelas VI SD Negeri No. 104218 Sidomulyo. Sedangkan sampel berjumlah 60 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes motivasi berprestasi untuk membedakan jenis motivasi berprestasi yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes dan reliabiitas tes. Hasil yang diperoleh dari 40 soal yang diujikan, sebanyak 36 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliforss dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji Barltlett.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media powerpoint lebih baik dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 32,15 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memperoleh hasil belajar IPA lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 11,67 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) adanya interaksi antara media pembelajaran berbasis komputer dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 4,77 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian ini diharapkan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru dalam mengaplikasikan media pembelajaran berbasis komputer yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan medial pembelajaran bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar dan motivasi berprestasi siswa sebab kedua-duanya mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.357 Gin p
Keywords: Hasil belajar; IPA; Media pembelajaran; Power point; Motivasi berprestasi; Strategi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 18:19
Last Modified: 26 Apr 2016 18:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4933

Actions (login required)

View Item
View Item