PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KATOLIK SANTA MARIA MEDAN

Simbolon, Erikson (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KATOLIK SANTA MARIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136122012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136122012 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136122012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136122012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136122012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136122012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136122012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136122012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136122012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136122012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136122012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136122012 TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136122012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136122012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136122012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136122012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136122012 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136122012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 8136122012  CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 8136122012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136122012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136122012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatf STAD. (2) untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Katolik Santa Maria Medan Kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas yakni, Kelas VIIIA, Kelas VIIIB, Kelas VIIIC. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel kelompok secara undian (Classter Random Sampling). Sampel penelitian dipilih Kelas VIIIA (31 orang) dan Kelas VIIIC (32 orang) yang akan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw Kelas VIIIC dan Kelas VIIIA menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Instrument penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan test berbentuk pilihan ganda, sedangkan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa digunakan angket. Uji normalitas dengan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Barlett. Teknik analisis data adalah Anava pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw ¯X = 18 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif STAD ¯X = 15,80, dengan F-hitung 25,14 > F-tabel 4,00, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi ¯X=18,7 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah ¯X=14,83,dengan F-hitung 25,14 > F-tabel 4,00, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan 7,06 > F-tabel 4,00.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan karakteristik motivasi belajar tinggi adalah model pembelajaran kooperatif Jigsaw sedangkan siswa dengan motivasi belajar rendah adalah model pembelajaran kooperatif STAD. Implikasi penelitian ini adalah secara khusus ditujukan kepada guru Bahasa Indonesia, yaitu dalam penerapan model pembelajaran memperhatikan karakterisitik siswa khususnya karakteristik motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Sim p
Keywords: Hasil belajar; Bahasa indonesia; Berita; Motivasi belajar; Model pembelajaran; Kooperatif tipe jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 18:14
Last Modified: 26 Apr 2016 18:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item
View Item