Wihartini, Kiki (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri dengan Audio Visual dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Organ Pernapasan Hewan dan Manusia Di SD Nurul Hasanah. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
3.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.KATA PENGANTAR (1).pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.DAFTAR ISI (1).pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.DAFTAR TABEL (1).pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.DAFTAR GAMBAR (1).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.DAFTAR LAMPIRAN (1).pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14.NIM 8186181009.KIKI WIHARTINI.Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis anak yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan audio visual dan berdasarkan Keterampilan Proses Sains, serta interaksi antara kedua model dengan tingkat Keterampilan Proses sains anak dalam mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Nurul Hasanah pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas V-A dan V-B yang diambil dengan cara teknik Random sampling. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry berbasis Audio Visual , sedangkan untuk kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung terpilih kelas V-B. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Berdasarkan hasil analisis dan temuan peneliti dari lapangan diperoleh beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah, diantaranya kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung(sig. = 0,000 < 0,05), kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki Keterampilan Proses Sains tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki Keterampilan Proses Sains rendah (sig.=0,034<0,05), dan terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat Keterampilan Proses Sains dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa (sig. = 0,019 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 572.46 Wih p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Inkuiri dan Sikap Ilmiah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 03:18 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49319 |