Nainggolan, Endaita Nurisa (2022) Pengaruh Penggunaan Media Belajar Online Google Classroom dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Literasi Sains Pada Materi Energi Kelas V SDN 165735 Tebing Tinggi. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182010 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8186182010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (769kB) | Preview
3. NIM. 8186182010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 8186182010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM. 8186182010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM. 8186182010 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 8186182010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 8186182010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8186182010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
13. NIM. 8186182010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
14. NIM. 8186182010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan literasi sains siswa yang dii ajarkan dengan google classroom dibandingkan literasi sains siswa yang di ajarkan dengan media zoom meeting; (2) Mengetahui perbedaan literasi sains siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah; (3) Mengetahui interaksi antara media pembelajaran dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi Literasi Sains pada Materi Energi Kelas V SDN 165735 Tebing Tinggi Tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 54 siswa dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitianya ekperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner kecerdasarn interpersonal dan tes literasi sains. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Literasi sains siswa yang diajar dengan media belajar online google classroom lebih tinggi dibandingkan dengan media belajar online Zoom Meeting (Fhitung = 5.654 dan nilai sig. 0,021 < 0,05); (2) Literasi sains siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah (Fhitung = 3.840 dan nilai sig. 0,046 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi literasi sains siswa (Fhitung = 6.217 dan nilai sig. 0,016 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan media belajar online google classroom dan kecerdasan interpersonal mampu memberikan peningktan terhadap kemampuan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.6 Nai p |
Keywords: | Media Pembelajaran, Kecerdasan Interpersonal, Literasi Sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 03:06 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49315 |