Ismail (2022) Pengembangan E-Modul Flip Pdf Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Dan Spatial Ability Siswa MIN 2 Serdang Bedagai. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182026 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8186182026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 8186182026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 8186182026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 8186182026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 8186182026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 8186182026 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8186182026 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8186182026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
13. NIM. 8186182026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
14. NIM. 8186182026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan spatial ability siswa MIN 2 Serdang Bedagai, kuranganya bahan belajar siswa yang dimiliki oelah Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, menemukan e-modul flip pdf berbasis pendekatan
saintifik yang praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan spatial ability siswa MIN 2 Serdang Bedagai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D Thiagarajan. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas V MIN 2 Serdang Bedagai dan objek penelitian adalah media pembelajaran e-modul flip pdf berbasis pendekatan saintifik. Instrumen penelitian
menggunakan lembar angket, observasi pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah dan spatial ability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-modul flip pdf berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan valid dengan rata-rata skor total 3,78. 2) E-Modul flip pdf berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan praktis dengan skor observasi keterlaksanaan pembelajaran meningkat menjadi
3,71. 3) E-modul pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan indikator: a) secara klasikal 88,46% tuntas, b) pencapaian waktu aktivitas siswa ideal, c) rata-rata respon siswa adalah 3,73 kategori tertarik dan d) tujuan pembelajaran tercapai dengan capaian tujuan pembelajaran 1 diperoleh sebesar 92,31%, ketercapaian tujuan pembelajaran 2 diperoleh sebesar 79,01% dan ketercapaian tujuan pembelajaran 3 diperoleh hasil sebesar 91,54%. Nilai N-gain pemecahan masalah sebeasar 0,61 dengan kriteria sedang dan spatial ability dengan nilai N-gain 0,39 dengan kriteria sedang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Ism p |
Keywords: | e-modul, Saintifik, Spatial Ability, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 02:57 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49312 |