Arifah, Annisyah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 3 Kota Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206181001 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 8206181001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
3. 8206181001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. 8206181001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
5. 8206181001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
6. 8206181001 TABLES.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
7. 8206181001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
8. 8206181001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
9. 8206181001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
13. 8206181001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
14. 8206181001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menilai isi dan tujuan, strategi pembelajaran, serta desain media dalam pengembangan media pembelajaran digital book menggunakan kvisoft flipbook berbasis problem solving, (2) menilai keefektifan media pembelajaran digital book menggunakan kvisoft flipbook berbasis problem solving pada pembelajaran IPA materi perubahan energi listrik, (3) menilai kepraktisan media pembelajaran digital book menggunakan kvisoft flipbook berbasis problem solving pada pembelajara IPA materi perubahan energi listrik dan (4) menilai keefektifan media pembelajaran digital book menggunakan kvisoft flipbook dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Fokus penelitian pada siswa kelas IV MIN 3 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pengembangan model ADDIE. yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4). Implementation dan (5). Evaluation. Produk yang dikembangkan ialah media pembelajaran digital book menggunakan kvisoft flipbook berbasis problem solving pada pembelajaran IPA yang dibatasi pada materi perubahan energi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS). Simpulan menunjukkan (1) Kualitas Isi Dan Tujuan, Strategi Pembelajaran, Serta Desain Media Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving sudah hampir seluruh kegiatan terlaksana. (2) Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving Pada Pembelajaran IPA Materi Perubahan Energi Listrik menunjukkan keefektifan. (3) Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving pada Pembelajaran IPA Materi Perubahan Energi Listrik menunjukkan kepraktisan yang memadai dan terlaksana. (4) Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dan menunjukkan terdapat peningkatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Ari p |
Keywords: | Media Pembelajaran Digital Book, Problem Solving, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 02:52 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49311 |