Sitanggang, Megalas Maria (2022) Pengembangan Bahan Ajar Materi Pantun Berbantuan Media Pop Up Book Pada Siswa Kelas V SDN 173131 Tarutung. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206182028 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 8206182028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
3. NIM. 8206182028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 8206182028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8206182028 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 8206182028 TABELS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8206182028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8206182028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8206182028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM. 8206182028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 8206182028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar materi pantun Berbantuan Media Pop Up Book; (2) Mendeskripsikan kelayakan media Pop Up Book pada pengembangan bahan ajar materi pantun; (3) Mendeskripsikan keefektifan bahan ajar materi pantun berbantuan media Pop Up Book pada siswa kelas V SDN 173131 Tarutung tahun ajar 2021/2022 sebanyak 20 siswa. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan 5 tahap yang mengacu pada model ADDIE antara lain analysis, design, development, Imlementation, Evalutation. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar angket validator, lembar angket respon pendidik, butir soal yang dikerjakan siswa dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar materi pantun berbantuan media Pop Up Book pada siswa kelas V SDN 173131 Tarutung layak digunakan dengan hasil validasi dari ahli materi 90%, ahli bahasa 90 %, ahli media 80 % dan respon dari pendidik 80 %. Bahan ajar yang dikembangkan juga dinyatakan efektif karena siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 61 menjadi 80,5 sesudah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Dengan demikian bahan ajar materi pantun berbantuan media Pop Up Book dilakukan dengan 5 tahap yang mengacu pada model ADDIE adalah layak dan efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.64 Sit p |
Keywords: | bahan ajar; pantun; Pop Up Book |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:56 |
Last Modified: | 19 May 2023 00:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49271 |