Simamora, Nur Indah (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Hypercontent Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206171014 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 8206171014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8206171014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 8206171014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 8206171014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 8206171014 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. 8206171014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. 8206171014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. 8206171014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8206171014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa; 2) menganalis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent; 3) menganalisis peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik
menggunakan hypercontent. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs S Hajijah
Amalia Sari tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,42 (sedang) meningkat menjadi 0,62 (sedang) pada uji coba II ; 3) Peningkatan kemandirian belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik menggunakan hypercontent yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,492 (sedang) meningkat menjadi 0,556 (sedang) pada uji coba II
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sim p |
Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik; Hypercontent; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:42 |
Last Modified: | 17 May 2023 00:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49267 |