Nasution, Anggita Ulan (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Matematika Realistik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al Azhar Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196172010. COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 8196172010. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
3. NIM. 8196172010. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 8196172010. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 8196172010. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 8196172010. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM. 8196172010. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 8196172010. BAB I.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
12. NIM. 8196172010. BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM. 8196172010. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas model pembelajaran berbasis matematika realistik berbantuan yang dikembangkan; 2) kepraktisan model pembelajarann berbasis matematika realistik melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan; dan 4) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan di kelas VII-A dan VII-B SMP Al Azhar Medan untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan Uji coba II diperoleh: 1) model pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan; 3) Perangkat pembelajaran berbasis matematika realistik yang dikembangkan dapat Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; dan 4) respon positif siswa terhadap aktivitas dan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516,154,072 Nas p |
Keywords: | Pengembangan model pembelajaran, model 4-D, matematika realistik, pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:47 |
Last Modified: | 16 May 2023 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49252 |