Sinaga, Syahril (2022) Pengembangan Bahan Ajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (PKK) Menggunakan Aplikasi Adobe Animate Berbasis Projek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Smk Raksana 2 Medan T.A 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186166015 COVER.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
2. 8186166015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8186166015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
4. 8186166015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
5. 8186166015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
6. 8186166015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
7. 8186166015 TABLES.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
8. 8186166015 CHARTS.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
9. 8186166015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8186166015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
14. 8186166015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan bahan ajar produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) menggunakan aplikasi Adobe Animate berbasis projek dan kefeektifan dalam peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dan eksperimen yang dilaksanakan di SMK Raksana Medan 2, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, pada siswa kelas XI OTKP tahun ajaran 2021/2022. Penelitian menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan bahan majar berbasis projek, sedangkan kelas kontrol menggunakan buku pegangan dengan menggunakan metode konvensional. Bahan ajar PKK yang dikembangkan menggunakan model ADDIE. Bahan ajar yang dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli desain, penilaian guru PKK, uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan terbatas memperoleh rata – rata persentase keseluruhan 88,51% dengan kriteria sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar PKK yang dikembangkan digunakan di kelas eksperimen dengan memperoleh hasil tes belajar dengan rata – rata nilai siswa 79,80 , sedangkan penggunaan buku paket dengan metode konvensional dikelas kontrol memperoleh rata – rata nilai siswa 58,60 dan hasil perhitungan uji t memperoleh thitung 32.682 > ttabel 1.671. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar PKK berbasis projek yang dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Animate layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK di kelas XI OTKP SMK
Raksana 2 Medan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 338,040 71 Sin p |
Keywords: | pengembangan bahan ajar produk kreatif dan kewirausahaan (PKK), aplikasi adobe animate berbasis projek, hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 08:56 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49230 |