Marpaung, Ria Elisabeth (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMAN 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181111047 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM 4181111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM 4181111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM 4181111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM 4181111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM 4181111047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM 4181111047 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM 4181111047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM 4181111047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
13. NIM 4181111047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4181111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas XI SMAN 2 Binjai pada materi pokok program linear. Siswa kelas XI IPA 4 di SMAN 2 Binjai sebanyak 35 siswa merupakan subjek dari penelitian ini dan kemampuan literasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan objek dari penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes berupa tes kemampuan literasi matematis dan observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil analisis data diperoleh pada siklus I sebanyak 23 peserta didik (65,71%) memiliki kemampuan literasi matematis dalam kategori minimal cukup dengan rata-rata kelas 71,05 lalu meningkat pada siklus II yaitu 30 peserta didik (85,71%) memiliki kemampuan literasi matematis dalam kategori minimal cukup dengan rata-rata kelas 80. Hasil observasi guru dalam pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 2,48 (cukup) pada siklus I dan 3,3 (baik) pada siklus II. Maka, dari hasil tersebut diperoleh hasil tes kemampuan literasi matematis peserta didik meningkat di setiap siklusnya, minimal 85% siswa di kelas mencapai skor kemampuan literasi matematis ≥ 70 dan hasil skor observasi guru adalah ≥ 3. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas XI IPA 4 di SMAN 2 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-231 / 379.24 Mar p |
Keywords: | Kemampuan literasi matematis; model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 10:01 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49227 |