PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMAN 2 BINJAI

Marpaung, Ria Elisabeth (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMAN 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4181111047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4181111047 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4181111047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4181111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4181111047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4181111047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181111047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181111047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4181111047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4181111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4181111047 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4181111047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4181111047 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4181111047 TABLES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4181111047 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4181111047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4181111047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4181111047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4181111047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4181111047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4181111047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4181111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas XI SMAN 2 Binjai pada materi pokok program linear. Siswa kelas XI IPA 4 di SMAN 2 Binjai sebanyak 35 siswa merupakan subjek dari penelitian ini dan kemampuan literasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan objek dari penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes berupa tes kemampuan literasi matematis dan observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil analisis data diperoleh pada siklus I sebanyak 23 peserta didik (65,71%) memiliki kemampuan literasi matematis dalam kategori minimal cukup dengan rata-rata kelas 71,05 lalu meningkat pada siklus II yaitu 30 peserta didik (85,71%) memiliki kemampuan literasi matematis dalam kategori minimal cukup dengan rata-rata kelas 80. Hasil observasi guru dalam pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 2,48 (cukup) pada siklus I dan 3,3 (baik) pada siklus II. Maka, dari hasil tersebut diperoleh hasil tes kemampuan literasi matematis peserta didik meningkat di setiap siklusnya, minimal 85% siswa di kelas mencapai skor kemampuan literasi matematis ≥ 70 dan hasil skor observasi guru adalah ≥ 3. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas XI IPA 4 di SMAN 2 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-231 / 379.24 Mar p
Keywords: Kemampuan literasi matematis; model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 30 Nov 2022 10:01
Last Modified: 30 Nov 2022 10:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49227

Actions (login required)

View Item
View Item