Husna, Nurul (2022) META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4162111009 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM 4162111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
3. NIM 4162111009 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM 4162111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM 4162111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM 4162111009 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7. NIM 4162111009 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM 4162111009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM 4162111009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
10. NIM 4162111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
14. NIM 4162111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
15. NIM 4162111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 5 artikel jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2017-2021 pada jenjang SMP dan SMA, yang membahas penulisan eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan 5 artikel jurnal memiliki rata-rata nilai effect size sebesar 1,247 yang berarti dalam kategori efek besar. Temuan analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dilihat dari segi jenjang pendidikan dan materi pelajaran. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning lebih memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-191 / 371.33 Hus m |
Keywords: | Meta-Analisis; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Effect Size |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 08:22 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49222 |