Siregar, Nanda Nasiya (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT DI KELAS VIII SMP IT DARUL HASAN PADANGSIDIMPUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111048 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM 4183111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
3. NIM 4183111048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM 4183111048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM 4183111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM 4183111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7. NIM 4183111048 TABLES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM 4183111048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM 4183111048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
13. NIM 4183111048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 4183111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui validitas (kebenaran) bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat, (2) Mengetahui kepraktisan bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada model Hannafin dan Peck. Subjek penelitian ini adalah 1 orang pendidik dan 32 siswa kelas VIII di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan, dan perangkat penelitian meliputi lembar validasi materi, lembar validasi RPP dan media bahan ajar interaktif, serta angket respon dari pendidik dan siswa. Dilihat dari hasil kajian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa : (1) Bahan ajar interaktif yang dikembangkan pada sistem koordinat berbasis pendidikan matematika realistik telah sesuai dan memenuhi kriteria validitas berdasarkan evaluasi verifikator, dengan kategori sangat layak dengan nilai validitas materi sebesar 4,57 dan nilai validitas media sebesar 4,52 dengan kategori sangat layak. (2) Bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada sistem koordinat memenuhi standar kepraktisan dengan cara sebagai berikut: (a) hasil survei angket guru pada bahan ajar interaktif menunjukkan kategori sangat praktis dengan nilai kepraktisan sebesar 4,61. (b) hasil survei angket respon siswa pada bahan ajar interaktif menunjukkan kategori praktis dengan nilai kepraktisan sebesae 3,79
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-202 / 371.33 Sir p |
Keywords: | Bahan Ajar Interaktif; Validitas; Praktikalitas; Pendidikan Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 01:50 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49217 |