Sakdiah, Halimatun (2022) Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Mitigasi Bencana Alam Bagi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3152131010 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 3152131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM 3152131010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM 3152131010 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 3152131010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 3152131010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 3152131010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
8. NIM 3152131010 LIST OF Appendix.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9.NIM 3152131010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM 3152131010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. NIM 3152131010 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
15. NIM 3152131010 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bahan ajar handout dan menganalisis kelayakan bahan ajar handout berbasis CTL pada mata pelajaran geografi materi Mitigasi Bencana Alam bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2019/2020. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Medang Deras dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada validasi bahan ajar handout memperoleh nilai dari ahli materi 92%, ahli desain 96%, dan guru geografi 89%, serta siswa kelas XI IPS 1 sebesar 94%. Dengan demikian bahan ajar Handout berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Mitigasi Bencana Alam dalam pembelajaran geografi dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-GEO-091 |
Keywords: | Bahan ajar; Handout; CTL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49172 |