Perangin-angin, Franser Yosya (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERINTEGRASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173311045 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM 4173311045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
3. NIM. 4173311045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 4173311045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM. 4173311045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6. NIM. 4173311045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 4173311045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 4173311045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4173311045 BAB I.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
13. NIM. 4173311045 BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 4173311045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi learning management system (LMS) Moodle Gnomio berbasis discovery learning yang validitas, praktis, dan efektifitas pada materi bangun ruang prisma dan limas. Bentuk penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap pengembangan: analisis, desain, pengembangan, implementasi/penerapan, evaluasi. Lembar validasi ahli, angket jawban guru dan siswa, tes hasil belajar siswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran semuanya digunakan dalam penelitian ini. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi learning management system (LMS) Moodle Gnomio berbasis discovery learning dapat disimpulkan dalam; validitas materi sebesar 3,32 dengan kategori sangat valid, validitas media sebesar 3,36 dengan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan media pembelajaran dibuktikan dengan hasil penilaian guru adalah 89,29% dengan kategori sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa adalah 85,25% dengan kategori sangat praktis. (3) Keefektifan media pembelajaran dikatakan efektif, dibuktikan dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 83,37% dan respon positif terhadap media pembelajaran dengan capaian persentase sebesar 81,11% dengan kategori sangat efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-232 / 371.33 Per p |
Keywords: | LKPD terintegrasi; Learning Management System (LMS); Discovery Learning; Moodle Gnomio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 07:06 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49149 |