Lumbanraja, Army Hiskia (2022) META ANALISIS PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4173311011 COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 4173311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 4173311011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 4173311011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 4173311011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. 4173311011 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 4173311011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 4173311011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
12. 4173311011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. 4173311011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model cooperative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan studi metaanalisis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian metaanalisis kuantitatif bersifat deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah dari e-journal nasional yang terindeks SINTA tahun 2017-2021. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh jurnal ilmiah yang sudah terindeks SINTA dengan judul artikel sejenis mengenai pengaruh model cooperative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kriteria jenis penelitian sbb: (1) penelitian kuantitatif dan memenuhi data ES (effect size); (2) data ES yang diperlukan seperti rerata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (3) diterbitkan lima tahun terakhir; (4) indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan; (5) jenjang pendidikan tingkat SMP. Hasil penelitian (1) secara keseluruhan model cooperative learning meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa hasil perhitungan rata-rata keseluruhan ES sebesar 1.2775 dalam kategori besar dan standar deviasi sebesar 0.9077; (2) pengaruh berdasarkan model cooperative learning tipe STAD memiliki pengaruh besar dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai ES sebesar 1.838 tergolong dalam kategori besar; (3) besar pengaruh berdasarkan wilayah penelitian artikel menunjukkan hasil yang positif dengan nilai ES pada wilayah Medan adalah dengan nilai 2.92 kategori efek besar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-198 / 371.33 Lum m |
Keywords: | Metaanalisis, Model Cooperative Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 04:10 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49112 |