Laila, Dahratul (2022) Pengembangan Bahan Ajar Semantik Berbasis Podcast pada Mahasiswa Semester VI Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196192023 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM. 8196192023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8196192023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM. 8196192023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 8196192023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 8196192023 TABLES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. NIM. 8196192023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
8. NIM. 8196192023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 8196192023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (983kB) | Preview
13. NIM. 8196192023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
14. NIM. 8196192023 BIBLIOGHRAPHY.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) proses pengembangan bahan ajar semantik
berbasis podcast ,(2) kelayakan bahan ajar semantik berbasis podcast , dan (3) efektifitas
bahan ajar semantik berbasis podcast. Jenis penelitian dan pengembangan berdasarkan
model Addie yang diadaptasi oleh Robert Maribe Branch terdiri atas 5 langkah, yaitu
analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan menghasilkan produk berupa modul
semantik berbasis podcast, (2) bahan ajar modul semantik berbasis podcast yang
dikembangkan sudah layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar
97,25% , validasi ahli desain sebesar 94,5% , dan validasi ahli media sebesar 84,4%, (3)
bahan ajar modul semantik berbasis podcast mahasiswa Semester VI Prodi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan
dinyatakan efektif berdasarkan hasil pretes dan postes. Keefektifan modul dianalisis melalui
uji gain dengan perolehan nilai rata-rata indeks gain sebesar 0,39 dengan kriteria keefektifan
sedang. Dengan demikian, modul semantik berbasis podcast mahasiswa kelas Reguler B
2019 yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses
pembelajaran. Implikasi modul semantik ini dapat digunakan mahasiswa belajar secara
mandiri di masa pandemic covid-19 dengan menggunakan audio podcast melalui aplikasi
Anchor yang bisa diakses melalui smartphone.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 401.43 Lai p |
Keywords: | bahan ajar; semantik; podcast |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 07:41 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49060 |