Ritonga, Alhamidatul Wardah (2022) Pengembangan Bahan Ajar Psikolinguistik untuk Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Unimed. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186192014 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 8186192014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
3. NIM. 8186192014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. NIM. 8186192014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. NIM. 8186192014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM. 8186192014 TABLES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM. 8186192014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 8186192014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 8186192014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM. 8186192014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
14. NIM. 8186192014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar Psikolinguistik pada mahasiswa program studi sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Unimed. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiono merujuk pada model Borg &Gall. Subjek penelitian yang dijadikan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas Reguler B Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan seni, Unimed yang berjumlah 25 mahasiswa.
penelitian ini melakukan uji coba produk yang terdiri dari uji coba perorangan (3 mahasiswa), uji coba kelompok kecil (9 mahasiswa), dan uji coba lapangan terbatas (25 mahasiswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, validasi ahli, dan tes berupa pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi buku ajar oleh ahli materi diperoleh 92% dengan kategori “Sangat Baik”.(2) Hasil validasi buku ajar oleh ahli desain diperoleh 83.48% dengan kriteria “sangat baik”. (3) Hasil respon atau tanggapan yang dilakukan oleh dosen Psikolinguistik diperoleh persentase rata-rata sebesar 90% kriteria “sangat baik”. (4) Perolehan uji coba perorangan diperoleh rata-rata 82.91% dengan kriteria “Sangat Baik”. (5) Perolehan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata 84.57% dengan kriteria “Sangat Baik”. (6) Perolehan uji coba lapangan terbatas diperoleh rata-rata 88% dengan kriteria “Sangat Baik”. (7) Skor rata-rata pretest adalah 76.4 dengan kriteria “baik”. (8) Skor rata-rata 90.4 dengan kriteria penilaian “sangat baik”.
Hasil dari uji efektifitas produk yang dilakukan melalui pretest dan postest menunjukkan bahwa bahan ajar berupa buku ajar psikolinguistik yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 401.9 Rit p |
Keywords: | Pengembangan; bahan ajar; psikolinguistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 04:40 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49059 |