Pratiwi, Devyana (2022) PENGARUH METODE DEBAT AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN HOTS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA SWASTA HARAPAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3183321004 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 3183321004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
3. NIM 3183321004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM 3183321004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM 3183321004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 3183321004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 3183321004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM 3183321004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
13. NIM 3183321004 BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
14. NIM 3183321004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat aktif terhadap kemampuan HOTS siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen, yakni hasilnya akan memperlihatkan perbedaan perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMA Swasta Harapan Paya Bakung yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah seluruh siswa 89 siswa. Pengambilan sampel ini dengan teknik simple random sampling (random sederhana), dimana kelas eksperimen adalah kelas X IPA 2 dengan jumlah 30 siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan metode debat aktif dan kelas kontrol adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah 30 siswa menggunakan metode konvensional sedangkan kelas X IPA 3 dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas uji coba instrumen. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh dari masing-masing sampel nilai rata-rata kelas X IPA 2 sebesar 84,60 sedangkan nilai rata-rata kelas X IPA 1 sebesar 80,87. Adapun perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dari kedua sampel tersebut dapat dibuktikan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi = 0,05 dimana kriteria pengujiannya thitung ˃ ttabel yakni (10,38 ˃ 2,00) dari hasil hitung tersebut dapat dilihat bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan HOTS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-079 |
Keywords: | Kemampuan HOTS; Metode Debat Aktif; Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 03:41 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48985 |