Sari, Widya Puspita (2022) Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Soal Cerita Dalam Materi Kecepatan Dengan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Di Kelas V SDN 101886 Kiri Hilir T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111048 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. NIM. 1182111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM. 1182111048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. NIM. 1182111048 PREFACET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. NIM. 1182111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. NIM. 1182111048 TABLES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. NIM. 1182111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. NIM. 1182111048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9. NIM. 1182111048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. NIM. 1182111048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. NIM. 1182111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran miskonsepsi siswa pada soal cerita dalam materi kecepatan dengan metode certainty of response index (CRI) di kelas V SDN 101886 Kiri Hilir dan (2) mengetahui jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada soal cerita dalam materi kecepatan dengan metode certainty of response index (CRI) di kelas V SDN 101886 Kiri Hilir. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esai yang dilengkapi dengan menggunakan metode certainty response index (CRI) untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 42% siswa paham konsep, sebanyak 5% siswa tidak paham konsep, dan sebanyak 53% siswa mengalami miskonsepsi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari penelitian ini diperoleh yaitu terdapat 4 jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas V SDN 101886 Kiri Hilir yang meliputi miskonsepsi sistematika, miskonsepsi dasar, miskonsepsi perhitungan, dan miskonsepsi interpretasi bahasa. Hasil persentase menunjukkan bahwa terdapat 25% siswa mengalami miskonsepsi sistematika, 12% siswa mengalami miskonsepsi dasar, 29% siswa mengalami miskonsepsi perhitungan, dan 34% siswa mengalami miskonsepsi interpretasi bahasaPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran miskonsepsi siswa pada soal cerita dalam materi kecepatan dengan metode certainty of response index (CRI) di kelas V SDN 101886 Kiri Hilir dan (2) mengetahui jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada soal cerita dalam materi kecepatan dengan metode certainty of response index (CRI) di kelas V SDN 101886 Kiri Hilir. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esai yang dilengkapi dengan menggunakan metode certainty response index (CRI) untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 42% siswa paham konsep, sebanyak 5% siswa tidak paham konsep, dan sebanyak 53% siswa mengalami miskonsepsi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari penelitian ini diperoleh yaitu terdapat 4 jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas V SDN 101886 Kiri Hilir yang meliputi miskonsepsi sistematika, miskonsepsi dasar, miskonsepsi perhitungan, dan miskonsepsi interpretasi bahasa. Hasil persentase menunjukkan bahwa terdapat 25% siswa mengalami miskonsepsi sistematika, 12% siswa mengalami miskonsepsi dasar, 29% siswa mengalami miskonsepsi perhitungan, dan 34% siswa mengalami miskonsepsi interpretasi bahasa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Miskonsepsi; Certainty Of Response Index (CRI); Kecepatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:09 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48968 |