Putri, Nurlis Eka (2022) Pengembangan Media Riri Books Berbasis Metode Steinberg dalam Pembelajaran Membaca Nyaring Siswa Kelas I SD Negeri 107398 Sei Rotan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311057_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183311057_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 1183311057_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 1183311057_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
5. NIM. 1183311057_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 1183311057_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1183311057_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1183311057_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183311057_BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM. 1183311057_BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 1183311057_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujun untuk: (1) menghasilkan kevalidan media riri books berbasis metode steinberg dalam pembelajaran membaca nyaring di kelas I Sekolah Dasar, (2) menghasilkan kepraktisan media riri books berbasis metode steinberg dalam pembelajaran membaca nyaring di kelas I Sekolah Dasar, dan (3) menghasilkan keefektifan media riri books berbasis metode steinberg dalam pembelajaran membaca nyaring di kelas I Sekolah Dasar. Hal ini berdasarkan permasalahan yang terjadi di lapangan yang sudah diobeservasi sebelumnya Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelas I dan siswa kelas I SD Negeri 107398 Sei Rotan. Objek
enelitian pada penelitian ini ialah validasi, praktikalitas, dan efektivitas media riri books berbasis metode steinberg dalam pembelajaran membaca nyaring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan
data yaitu instrumen wawancara guru, angket validasi desain media dan konten media, angket praktisi pendidikan, angket respon siswa, lembar observasi penilaian keterampilan membaca nyaring siswa, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh validator ahli desain media memperoleh rata-rata nilai 4,7 dengan hasil persentase 97% kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi oleh validator ahli konten media memperoleh rata-rata nilai 4,1 dengan
hasil persentase 81% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh respon guru memperoleh hasil persentase 94% kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik memperoleh hasil persentase 94% kategori “Sangat Praktis”. Uji keefektifan media dapat diketahui bahwa setelah menggunakan media yang dikembangkan, keterampilan membaca nyaring siswa meningkat dari keterampilan membaca nyaring siswa sebelum menggunakan media yaitu 60% kategori “Cukup Terampil“ meningkat menjadi 90% kategori “Sangat Terampil” dan nilai rata-rata siswa meningkat dari awal rata-rata sebelum menggunakan media yaitu 61,3 kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 91,95 dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media; Riri Books; Metode; Steinberg; Membaca Nyaring; Siswa; Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:14 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48907 |