Saragih, Rosvilani (2022) Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 8 Subtema 2 SD Negeri 101987 Bintang Bayu T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111024_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1181111024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 1181111024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
4. NIM. 1181111024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1181111024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM. 1181111024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1181111024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1181111024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1181111024_BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM. 1181111024_BAB V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM. 1181111024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya penggunaan media pembelajaran di kelas V terutama dalam pembelajaran tematik yang hanya mengandalkan buku guru dan buku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran “pop-up book” terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 2 perubahan lingkungan pembelajaran 1 kelas V SD Negeri 101987 Bintang Bayu, Kecamatan Bintang Bayu T.A 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V di SD Negeri 101987 Bintang Bayu dengan jumlah 35 siswa yang tersebar di dua kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes hasil belajar siswa tema 8
subtema 2 pembelajaran 1 sebanyak 20 soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipoteisis yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan thitung ≥ ttabel. thitung = 12.506 sedangkan ttabel = 1.693 yaitu 12.506 > 1.693. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dengan pernyataan terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan media pembelajaran pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 2 perubahan lingkungan pembelajaran 1 kelas V di SD Negeri 101987 Bintang Bayu Kecamatan Bintang Bayu T.A 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pop-Up Book; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:10 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48891 |