Dewi, Wahyuni Sartika (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP STRES AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1181151005_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1181151005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM. 1181151005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 1181151005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 1181151005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1181151005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1181151005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1181151005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1181151005_BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. NIM. 1181151005_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1181151005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik self instruction terhadap stres akademik dalam pembelajaran tatap muka terbatas siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu pre eksperimental design dengan pretest-posttets group design. Penelitian dilaksanakan pada bulan April s/d Mei 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan angket stres akademik siswa berjumlah 32 item pernyataan yang telah valid dan reliable. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan uji wilcoxon. Data dari penelitian menunjukkan Jhitung > Jtabel, 10 > 4, maka hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh dengan n = 8, α = 0,05. Data rata-rata pre-test yaitu 112,75, sedangakan data rata-rata post-test yaitu 61,25. Artinya stres akademik menurun setelah mendapatkan layanan konseling kelompok teknik self instruction dengan perubahan interval sebesar 45,90%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self instruction terhadap stres akademik siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-073 / 158.35 Dew p |
Keywords: | Konseling Kelompok; Teknik Self Instruction; Stres Akademik |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5381 Vocational guidance. Career devlopment L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:57 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48884 |