PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP STRES AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Dewi, Wahyuni Sartika (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP STRES AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1181151005_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1181151005_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1181151005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1181151005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1181151005_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1181151005_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1181151005_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1181151005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1181151005_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1181151005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1181151005_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1181151005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1181151005_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1181151005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1181151005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1181151005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1181151005_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1181151005_BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1181151005_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1181151005_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1181151005_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1181151005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik self instruction terhadap stres akademik dalam pembelajaran tatap muka terbatas siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu pre eksperimental design dengan pretest-posttets group design. Penelitian dilaksanakan pada bulan April s/d Mei 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan angket stres akademik siswa berjumlah 32 item pernyataan yang telah valid dan reliable. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan uji wilcoxon. Data dari penelitian menunjukkan Jhitung > Jtabel, 10 > 4, maka hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh dengan n = 8, α = 0,05. Data rata-rata pre-test yaitu 112,75, sedangakan data rata-rata post-test yaitu 61,25. Artinya stres akademik menurun setelah mendapatkan layanan konseling kelompok teknik self instruction dengan perubahan interval sebesar 45,90%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self instruction terhadap stres akademik siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 atau hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BK-073 / 158.35 Dew p
Keywords: Konseling Kelompok; Teknik Self Instruction; Stres Akademik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5381 Vocational guidance. Career devlopment
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:57
Last Modified: 01 Nov 2022 04:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48884

Actions (login required)

View Item
View Item