Br Nainggolan, Meida Wati (2022) Peran Media Sosial Terhadap Karakter Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183111050 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 3183111050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
3. NIM. 3183111050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 3183111050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 3183111050 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6. NIM. 3183111050 TABELS.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 3183111050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 3183111050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
12. NIM. 3183111050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
13. NIM. 3183111050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui Peran Media Sosial Terhadap Karakter Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, pengisian angket atau kuesioner, wawancara serta dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Berastagi yang beralamat di Jl. Jamin Ginting No. 12 Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI jurusan IPS yang terdiri dari 6 kelas dan keseluruhan berjumlah 212 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 35 orang siswa di ambil 20% dari jumlah populasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik sederhana dengan perhitungan yang menjadi hasil data akurat , analisis data kuantitatif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan media sosial berperan baik terhadap karakter siswa di uji pada pembentukan karakter bahwa adanya determinisme lingkungan terdapat dalam peran media sosial berdasarkan prestasi belajar, memperoleh informasi, menganalisis dan evaluasi. Serta karakter siswa yang berlandaskan rasa ingin tahu, bersahabat, komunikatif, dan menghargai prestasi. Hasil ini juga di perkuat berdasarkan data yang di peroleh dari guru yang menjadi narasumber yaitu menciptakan strategi guru dalam mengajar, membimbing, menganalisis dan mengevaluasi siswa. Oleh karena itu guru sebagai pemimpin di kelas harus dapat membimbing siswa agar tetap menggunakan media sosial secara bijaksana sehingga menumbuhkan karakter yang disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-052 |
Keywords: | Peran Media Sosial; determinisme Lingkungan; Karakter Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 01:50 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48822 |