Manurung, Artha Manora (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ETIKA BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI DI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1183151047 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. 1183151047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 1183151047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. 1183151047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. 1183151047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. 1183151047 TABLES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. 1183151047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. 1183151047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9. 1183151047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
13. 1183151047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. 1183151047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat etika belajar siswa dan menghasilkan instrumen penilaian etika belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif pasca pandemi di SMA Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 80 siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis faktor, analisis data kualitatif, dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa instrumen penilaian etika belajar berupa tes situasional dan lembar observasi yang dihasilkan telah valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli bahasa terhadap tes situasional yang dikembangkan mendapatkan kevalidan dengan kategori “Sangat Valid”. Dimana ahli materi I & II skor sebesar 41 dan ahli bahasa skor sebesar 41. Dalam kepraktisan tes situasional dilihat dari hasil angket kepraktisan produk oleh siswa dengan skor rata-rata 40,01 dengan klasifikasi sangat praktis. Dalam keefektifan tes situasional dilihat dari hasil siswa dengan skor rata-rata 70,26 dengan klasifikasi efektif. Sedangkan, berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli bahasa terhadap lembar observasi yang dikembangkan mendapatkan kevalidan dengan kategori “Sangat Valid”. Dimana ahli materi I & II skor sebesar 37,5 dan ahli bahasa skor sebesar 36,5. Dalam kepraktisan lembar observasi dilihat dari hasil angket kepraktisan produk oleh guru dengan skor rata-rata 36,83 dengan klasifikasi sangat praktis. Dalam keefektifan lembar observasi dilihat dari hasil pengamatan guru dengan skor rata-rata 31 dengan klasifikasi efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa instrumen penilaian etika belajar ini valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada siswa pasca pandemi di SMA Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-066 / 370.114 Man p |
Keywords: | Instrumen Penilaian Etika Belajar; Pasca Pandemi; ADDIE |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 02:59 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48773 |