PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ETIKA BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI DI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Manurung, Artha Manora (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ETIKA BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI DI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 1183151047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 1183151047 COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 2. 1183151047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 1183151047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 3. 1183151047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 1183151047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 4. 1183151047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 1183151047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 5. 1183151047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 1183151047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 6. 1183151047 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 1183151047 TABLES.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 7. 1183151047 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 1183151047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 8. 1183151047 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 1183151047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 9. 1183151047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 1183151047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 13. 1183151047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 1183151047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 14. 1183151047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 1183151047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat etika belajar siswa dan menghasilkan instrumen penilaian etika belajar siswa yang valid, praktis, dan efektif pasca pandemi di SMA Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 80 siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis faktor, analisis data kualitatif, dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa instrumen penilaian etika belajar berupa tes situasional dan lembar observasi yang dihasilkan telah valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli bahasa terhadap tes situasional yang dikembangkan mendapatkan kevalidan dengan kategori “Sangat Valid”. Dimana ahli materi I & II skor sebesar 41 dan ahli bahasa skor sebesar 41. Dalam kepraktisan tes situasional dilihat dari hasil angket kepraktisan produk oleh siswa dengan skor rata-rata 40,01 dengan klasifikasi sangat praktis. Dalam keefektifan tes situasional dilihat dari hasil siswa dengan skor rata-rata 70,26 dengan klasifikasi efektif. Sedangkan, berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli bahasa terhadap lembar observasi yang dikembangkan mendapatkan kevalidan dengan kategori “Sangat Valid”. Dimana ahli materi I & II skor sebesar 37,5 dan ahli bahasa skor sebesar 36,5. Dalam kepraktisan lembar observasi dilihat dari hasil angket kepraktisan produk oleh guru dengan skor rata-rata 36,83 dengan klasifikasi sangat praktis. Dalam keefektifan lembar observasi dilihat dari hasil pengamatan guru dengan skor rata-rata 31 dengan klasifikasi efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa instrumen penilaian etika belajar ini valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada siswa pasca pandemi di SMA Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BK-066 / 370.114 Man p
Keywords: Instrumen Penilaian Etika Belajar; Pasca Pandemi; ADDIE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:59
Last Modified: 26 Oct 2022 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48773

Actions (login required)

View Item
View Item