Br.Simorangkir, Teressa Melinda (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 30 T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173313054_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173313054_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM. 1173313054_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM. 1173313054_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 1173313054_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1173313054_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM. 1173313054_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173313054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 1173313054_BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM. 1173313054_BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
14. NIM. 1173313054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung anak sebelum diberikan media pembelajaran pohon pintar, kemampuan berhitung anak sesudah diberikan media pembelajaran pohon pintar, dan apakah ada pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran pohon pintar terhadap kemampuan berhitung di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 30. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran pohon pintar dan apakah ada pengaruh penggunan media pembelajaran pohon pintar terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal30. Pada penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang akan digunakan adalah Pre-experimental Designs dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design dimana desain penelitian ini menggunakan satu kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti mengambil teknik non probablity sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Dengan menggunakan sample jenuh. Dengan jumlah populasi sama dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak yaitu kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal30. Hasil perhitungan untuk data sebelum diberikan treatmen (Pre-Test) rata – rata sebesar 6. Hasil untuk data sesudah diberikannya treatment (Post-Test) rata – rata sebesar 13,4. Dilihat dari deskripsi data jika dibandingkan data kelompok tersebut terhadap perbedaan antara Pre-Test dan Post-Test. Sesuai dengan hasil uji hipotesis yang dilakukan pada saat penelitian diperoleh bahwa thitung = 36,8 > ttabel = 2,145 dengan taraf α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran pohon pintar terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal30 berpengaruh secara signifikan dengan nilai rata – rata Pre-Test 6 dan Post-Test 13,4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PAUD-034 / 371.33 Sim p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Pohon Pintar; Kemampuan Berhitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 07:00 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48757 |