Manihuruk, Eglauri Agata (2022) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 095173 Sihemun. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 11821111024 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM 11821111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 11821111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM 11821111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 11821111024 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM 11821111024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM 11821111024 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. NIM 11821111024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM 11821111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM 11821111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 11821111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran Matematika SD Negeri 095173 Sihemun. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 095173 Sihemun, bulan april 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 24 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar, sedangkan teknis analisis yang digunakan yaitu uji linearitas dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pesrta didik pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar tergolong baik dan untuk hasil belajar matematika peserta didik di kelas V tergolong sedang. Sedangkan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dan diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,852 bertanda positif atau searah. Dan terlihat bahwa rhitung > rtabel atau 0,852 > 0,404, sehingga hipotesis nol (H0)ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri 095173 Sihemun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 08:45 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48722 |