Siregar, Nur Ainun (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173331036 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4173331036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
3. NIM 4173331036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
4. NIM 4173331036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM 4173331036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM 4173331036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM 4173331036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM 4173331036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan instrument tes HOTS dan menghasilkan HOTS yang berbentuk pilihan ganda berdasarkan kriteria kualitas instrument tes. Kriteria tersebut diantaranya validitas, Tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Sehingga dapat digunakan untuk mengukur HOTS siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun Selatan pada materi ikatan kimia kelas X SMA. Penelitian Ini Menggunakan Jenis Penelitian Pengembangan (Research And Development). Prosedur Pengembangan terdiri dari tahap Preliminary dan Tahap Self Evalution. subjek dalam penelitian ini Adalah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Barumun Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes HOTS, lembar validasi dan angket respon siswa. Kevalidtan data diketahui dari hasil penilaian validator pada lembar validasi soal menyatakan instrument tes yang dikembangkan sudah baik berdasarkan konten (kurikulum dan materi), konstruk (karakteristik/indikator HOTS, dan bahasa (kaidah yang berlaku/EYD). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari instrumen tes sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan yaitu valid dan reliabel serta tingkat kesukaran tes dan daya pembeda instrumen tes secara keseluruhan sudah baik. Pada analisis tingkat kesukaran dapat diketahui bahwa terdapat butir soal tes dengan kategori mulai dari sukar, sedang, dan mudah. Pada analisis daya pembeda dapat diambil item soal yang diujikan bahwa daya pembeda yang memiliki kriteria baik sampai amat baik. Sehingga menghasilkan instrumen tes yang baik dengan jumlah butir tes soal pilihan berganda sebanyak 15 butir soal. Instrumen tes dinyatakan valid dengan melihat rhitung > rtabel dengan kategori valid. Reliabilitas instrumen tes dinyatakan reliable berdasarkan analisis instrumen tes yang diperoleh adalah 0,915>0,352 dengan interprestasi yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 119 |
Keywords: | Ikatan kimia; Kemampuan berpikir; Instrumen tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:14 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48680 |