Nisa, Khairun (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Dengan Penguatan Karakter Menghargai Keragaman Sosial dan Budaya Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD IT Al-Jawahir Kec. Sunggal T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311011 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 1183311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
3. NIM. 1183311011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 1183311011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 1183311011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 1183311011 TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM. 1183311011 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM. 1183311011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM. 1183311011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13. NIM. 1183311011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM. 1183311011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakang oleh minimnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran tematik dan penggunaan media pembelajaran sering kali mengabaikan aspek afektif yang erat kaitannya dengan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis website dengan penguatan karakter menghargai keragaman sosial dan budaya pada tema 8 subtema 1 siswa kelas V SD IT Al-Jawahir Kec. Sunggal; (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis website dengan penguatan karakter menghargai keragaman sosial dan budaya pada tema 8 subtema 1 siswa kelas V SD IT Al-Jawahir Kec. Sunggal; dan (3) mengetahui keefektivan media pembelajaran interaktif berbasis website dengan penguatan karakter menghargai keragaman sosial dan budaya pada tema 8 subtema 1 siswa kelas V SD IT Al-Jawahir Kec. Sunggal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini ialah 19 orang siswa Kelas V-A SD IT AL-Jawahir. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini ialah media pembelajaran interaktif berbasis website "Eduweb". Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi ahli materi dan ahli media sebesar 84% dan 95% dengan rata-rata 89,5% berada pada kategori sangat layak. Nilai kepraktisan yang diperoleh dari angket dan observasi sebesar 84% dan 92% dengan rata-rata 88% berada pada kategori sangat praktis. Sedangkan untuk efektivitas didapat dari hasil ujicoba produk. Hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 33,44 dengan persentase Ngain 76% berada di kategori efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Website; Penguatan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:15 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48656 |