Prasetyo, Dedy (2021) Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (Vak) Pada Pelajaran Solfegio Di Kelas XII–C SMK Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM 2143140006 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
02. NIM 2143140006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
03. NIM 2143140006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
04. NIM 2143140006 FREPACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
05. NIM 2143140006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
06. NIM 2143140006 TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM 2143140006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. NIM 2143140006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
12. NIM 2143140006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 2143140006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK), untuk mengetahui proses pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK), untuk mengetahui hasil dari model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK), Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi pada model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) .Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif digunakan untuk memusatkan pada masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian guru solfegio di kelas XI-C SMK Negeri 11 Medan.Pendekatan kualitatif digunakan untuk menggambarkan permasalahan dalam kegiatan proses belajar solfegio di kelas XII-C SMK Negeri 11 Medan. Objek penelitian, yaitu siswa kelas XII-C SMK Negeri 11 Medan yang berjumlah 25 orang serta 1 orang guru. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi langsung ke lapangan tempat penelitian, serta Wawancara kepada siswa dan guru di kelas XII-C SMK Negeri 11 Medan. Model pembelajaran visualization pada Pembelajaran Solfegio menjelaskan secara visual materi tentang apa itu solfegio mulai dari tangga nada, interval, tanda kres/mol kepada siswa menggunakan papan tulis paranada, Auditory pada Pembelajaran Solfegio yang terjadi di dalam kelas yaitu guru memberikan materi kepada siswa dengan mempraktekkan materi tersebut menggunakan alat musik yaitu keyboard, Kinesthetic pada Pembelajaran Solfegio para siswa memvokalisasikan materi dari yang guru sampaikan. Guru memberikan materi menggunakan keyborad kemudian siswa mendiktenya menggunakan buku sangkar nada. Proses pembelajaran siswa kelas XII-C SMK Negeri II Medan dengan diterapkan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) berada pada kategori sangat tinggi. . Berdasarkan hasil belajar maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) pada mata pelajaran Solfegio siswa kelas XII SMK Negeri 11 Medan sangat baik bagi para siswa. Dapat dilihat dari nilai KKM 70 dan siswa memperoleh nilai rata-rata yaitu 75. Kendala yang terjadi didalam model pembelajaran ini adalah para siswa terkesan banyak yang mengantuk ketika jam pelajaran di mulai karena mata pelajaran solfegio ini masuk di jam terkahir pada kelas dam siswa banyak yang suka tidak hadir dan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic); solfegio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 02:07 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48655 |