Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (Vak) Pada Pelajaran Solfegio Di Kelas XII–C SMK Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2019/2020

Prasetyo, Dedy (2021) Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (Vak) Pada Pelajaran Solfegio Di Kelas XII–C SMK Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 01. NIM 2143140006 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 2143140006 COVER.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 2143140006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 2143140006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 2143140006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 2143140006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 2143140006 FREPACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 2143140006 FREPACE.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 2143140006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 2143140006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 2143140006 TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 2143140006 TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 2143140006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM 2143140006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08.  NIM 2143140006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM 2143140006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 12.  NIM 2143140006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2143140006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 14.  NIM 2143140006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2143140006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK), untuk mengetahui proses pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK), untuk mengetahui hasil dari model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK), Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi pada model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) .Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif digunakan untuk memusatkan pada masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian guru solfegio di kelas XI-C SMK Negeri 11 Medan.Pendekatan kualitatif digunakan untuk menggambarkan permasalahan dalam kegiatan proses belajar solfegio di kelas XII-C SMK Negeri 11 Medan. Objek penelitian, yaitu siswa kelas XII-C SMK Negeri 11 Medan yang berjumlah 25 orang serta 1 orang guru. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi langsung ke lapangan tempat penelitian, serta Wawancara kepada siswa dan guru di kelas XII-C SMK Negeri 11 Medan. Model pembelajaran visualization pada Pembelajaran Solfegio menjelaskan secara visual materi tentang apa itu solfegio mulai dari tangga nada, interval, tanda kres/mol kepada siswa menggunakan papan tulis paranada, Auditory pada Pembelajaran Solfegio yang terjadi di dalam kelas yaitu guru memberikan materi kepada siswa dengan mempraktekkan materi tersebut menggunakan alat musik yaitu keyboard, Kinesthetic pada Pembelajaran Solfegio para siswa memvokalisasikan materi dari yang guru sampaikan. Guru memberikan materi menggunakan keyborad kemudian siswa mendiktenya menggunakan buku sangkar nada. Proses pembelajaran siswa kelas XII-C SMK Negeri II Medan dengan diterapkan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) berada pada kategori sangat tinggi. . Berdasarkan hasil belajar maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) pada mata pelajaran Solfegio siswa kelas XII SMK Negeri 11 Medan sangat baik bagi para siswa. Dapat dilihat dari nilai KKM 70 dan siswa memperoleh nilai rata-rata yaitu 75. Kendala yang terjadi didalam model pembelajaran ini adalah para siswa terkesan banyak yang mengantuk ketika jam pelajaran di mulai karena mata pelajaran solfegio ini masuk di jam terkahir pada kelas dam siswa banyak yang suka tidak hadir dan minat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic); solfegio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:07
Last Modified: 17 Nov 2022 02:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48655

Actions (login required)

View Item
View Item