Sitompul, Yogi Borkat Iskandar (2022) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 101207 Paranjulu T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1172111025_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1172111025_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM. 1172111025_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 1172111025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM. 1172111025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM. 1172111025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1172111025_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 1172111025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1172111025_BAB I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM. 1172111025_BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM. 1172111025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan suatu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari manusia, mulai dari kandungan sampai beranjak dewasa kemudian tua, manusia mengalami proses pendidikan yang didapatkan dari orang tua, masyarakat dan lingkungannya. Masalah yang mendasar yang ditemukan oleh peneliti adalah
masalah keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan pasifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran, kurang percaya diri, dan masih malu-malu jika harus berbicara di depan kelas. Dalam kegiatan belajar mengajar penggunaan
metode atau media belajar tertentu sangat berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai siswa. Oleh karena itu peneliti menggunakan media powerpoint interaktif untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut, karena menggunakan media
power point interaktif dapat merangsang siswa untuk aktif, dan mampu mengambangkan ide-ide yang ada dalam pikiran mereka serta melatih siswa agar tidak malu berbicara di depan umum/ di depan teman-temannya. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas 1 SD Negeri 101207 Paranjulu. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes tertulis, tes lisan. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif yaitu memaparkan secara menyeluruh tentang keadaan yang ada di lapangan, yang dilakukan dan dirasakan oleh peneliti. Sedangkan deskriptif kuantitatif yaitu untuk mengetahui hasil tindakan per siklus yang didapatkan dari hasil evaluasi per siklus (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I SD Negeri 101207 Paranjulu. Bukti secara kualitatif dapat diketahui dari hasil pengamatan proses pembelajaran yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran, lebih percaya diri, lancar dalam berbicara, dan mampu menggunakan kata secara tepat. Peningkatan persentase hasil pengamatan pada pra-siklus 57%, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 70%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 91%. Sedangkan bukti secara kuntitatif siswa mengalami peningkatan rata-rata, yaitu pada pra-siklus nilai rata-rata 56,66, siklus I adalah 65, dan siklus II adalah 92
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan; Powerpoint; Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 06:26 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 06:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48645 |