Sitindaon, Wulan (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 6 Kelas V SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111110_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183111110_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 1183111110_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 1183111110_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 1183111110_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 1183111110_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 1183111110_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183111110_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 1183111110_BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM. 1183111110_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1183111110_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran tematik di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa tema 6 Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 104202 Bandar Setia T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 104202 Bandar Setia T.A 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VA dan VB sebanyak 71 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t menggunakan uji paired sample test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 81,38 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 67,42. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 13,0255 > 1,6675. Hal ini berarti hipotesis Ha dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa tema 6 Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 104202 Bandar Setia T.A 2021/2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 06:27 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48633 |