Manurung, Usy Sarah (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Doratoon Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN 173301 Lumbantongatonga. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311025_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1183311025_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 1183311025_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 1183311025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM. 1183311025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1183311025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 1183311025_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1183311025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183311025_BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
13. NIM. 1183311025_BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM. 1183311025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan video pembelajaran yang layak digunakan untuk proses belajar mengajar di kelas IV (2) mengetahui praktikalitas video pembelajaran yang dikembangkan pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 5, (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran yang dikembangkan pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 (4) Video pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 5. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dari Penelitian dan Pengembangan (R&D) ini adalah siswa kelas IV SDN 173301 Lumbantongatonga yang berjumlah 14 orang dan 1 orang guru kelas IV SDN 173301 Lumbantongatonga. Teknik analisis analisis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, guru dan angket tanggapan siswa kelas IV SD 173301 Lumbantongatonga dan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, media dan guru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada uji kelayakan oleh ahli materi termasuk pada kriteria "Sangat Layak" dengan perolehan hasil validasi 96,66%. Sedangkan oleh ahli media mendapat kriteria "Sangat Layak" dengan perolehan hasil validasi 96,92%. Dari hasil penilaian ahli materi dan media mendapat kriteria 'Sangat Layak' dengan rata-rata persentase 96,79% maka dapat disimpulkan bahwa produk video pembelajaran yang telah di validasi sudah layak digunakan. (2) Pada uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan termasuk pada kriteria "Sangat Praktis" dengan perolehan hasil validasi 95,38%. (4) Pada uji keefektifan melalui tes hasil belajar peserta didik terhadap video pembelajaran dilakukan dengan uji coba pelaksanaan pre-test dan post-test. Pada pre-test tanpa menggunakan video pembelajaran diperoleh nilai peserta didik dengan rata-rata 52,86 dan pada posttest nilai peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunakan video pembelajaran menggunakan aplikasi doratoon dengan rata-rata 92,87 hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan sebesar 40.01 (56,91).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video Pembelajaran; Doratoon; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 01:53 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48616 |