Situmorang, Meliantha Vania (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA SMA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173331031 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4173331031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3. NIM 4173331031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 4173331031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM 41733311031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4173331031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
13. NIM 4173331031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM 4173331031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan berbasis Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyisis, Design, Development, Implementation, Evalutation). Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui modul kimia yang dikembangkan sudah berbasis problem based learning dengan model pengembangan ADDIE, 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, 3) implementasi model pembelajaran berbasis problem based learning dengan menggunakan soal HOTS ( High Order Thinking Skill) terintegrasi modul lebih tinggi dari KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Methodist 1 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas IX MIA yang terdiri dari 3(tiga) kelas, seluruh dosen kimia di universitas negeri medan yang terdiri 2 (dua) orang dan 1 (satu) orang guru kimia SMA Methodist 1 Medan. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1(satu) kelas sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan: (1) modul yang dikembangkan sudah berbasis problem based learning dengan model pengembangan ADDIE data yang sudah diperoleh 3,75 sangat valid dan tidak perlu revisi, (2) modul kimia yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu: kelayakan isi = 3,83; kelayakan bahasa = 3,79; kelayakan penyajian = 3,75; kelayakan kegrafikan = 3,71 dengan kriteria sangat valid dan tidak perlu revisi; dengan skor rata-rata kelayakan BSNP = 3,77 dengan kriteria sangat valid dan tidak perlu revisi, (3) implemnetasi model pembelajaran berbasis problem based learning didukung modul yang dikembangkan dengan menggunakan soal HOTS (High Order Thinking Skill) mendapat respon dari siswa, data yang diperoleh menunjukan: ketertarikan = 3,56; Materi = 3,42 ; Bahasa = 3,58, dengan skor rata-rata total keseluruhan 3,58, hasil belajar siswa menggunakan modul kesetimbangan kimia berbasis problem based learning mendapat nilai 81,07 yang menunjukan hasil belajar lebih besar dari harga KKM (75).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 083 |
Keywords: | Problem based learning; Modul; Kesetimbangan kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 05:05 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48612 |